4 Kesalahan Saat Latihan di Treadmill

Salah satu alat fitness yang sering dipakai orang untuk berlatih adalah treadmill. Penggunaan alat yang satu ini banyak kali dilakukan dengan tidak tepat. Ada empat kesalahan umum yang sering dilakukan yaitu :

 1. Berpegangan pada rel

Ketika berpegangan maka beban tubuh terangkat dan tidak menggunakan kedua kaki untuk menopang sehingga detak jantung tidak meningkat dan kalori yang terbakar sedikit.

 

 2. Tidak berlatih cukup keras

Kebanyakan orang hanya berjalan santai di atas treadmill dan bahkan sangat jarang menggunakan tanjakan. Jika ingin mendapat hasil nyata, berlarilah lebih cepat dan tingkatkan level tanjakannya.

 3. Menapak di sisi treadmill

Kesalahan umum lain adalah meloncat ke kedua sisi treadmill untuk beristirahat sejenak atau minum. Berhenti mendadak dan loncat seperti itu dapat mengakibatkan cedera pada persendian dan mengganggu detak jantung pada saat latihan

 4. Salah paham soal jarak tempuh

Jalan sejauh 1 km di treadmill itu tidak sama dengan 1 km di alam bebas. Ini disebabkan sabuk treadmill ikut bergerak sehingga yang perpindah adalah sabuk itu bukan orangnya. Selain itu, Anda juga tidak perlu melawan angin seperti di alam bebas. Oleh karenanya tambahkan tanjakan 1%-2% untuk mendapatkan efek yang sepadan dengan berlari di alam bebas.

2 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *