Agar Rambut Sehat Indah dan Bercahaya

Memiliki rambut sehat, indah dan bercahaya adalah impian setiap wanita. Namun tidak semua wanita memiliki rambut sesuai seperti yang diinginkan. Beberapa hal diantaranya karena faktor genetik, ada yang terlahir dengan rambut hitam nan tebal dan terlihat bercahaya namun ada juga yang berambut tipis dan kasar.

Agar rambut dapat terlihat sehat, indah dan bercahaya sebenarnya tidak terlalu sulit, asalkan rutin dan rajin membersihkan serta memelihara kesehatan rambut. Beberapa hal tersebut yaitu:

  1. Jangan terlalu sering mencuci rambut – Lakukan minimal 2 hari sekali terkecuali apabila rambut anda terlihat lembab dan lepek setelah habis melakukan olah-raga misalnya. Rambut yang terlalu sering dicuci akan menyebabkan rambut mudah rontok, patah – patah bahkan sampai rusak
  2. Jangan terlalu sering menggunakan produk berbahan kimia keras seperti obat untuk meluruskan rambut, pengeritingan rambut ataupun pewarnaan rambut – Obat ini akan menyebabkan rusaknya kutikula rambut sehingga struktur rambut menjadi lemah dan rusak. Jika terlanjur memakainya, gunakan hair mask secara rutin dan pakaikan vitamin rambut
  3. Gunakan pengeringan alami dan tidak menggunakan hair dryer untuk mendapatkan rambut kering secara cepat setelah berkeramas –¬† suhu udara hair dryer yang panas menyebabkan rambut menjadi terlihat kering dan kusam. Alternatif lainnya bisa gunakan kipas angin jika ingin cepat kering, hembusan kipas angin bersuhu dingin, hal ini dapat menghindari kekeringan pada rambut.
  4. Gunakan payung pada saat anda di luar ruangan – Kondisi cuaca yang terik dan panas jika rambut terpapar sinar matahari langsung akan menyebabkan rambut semakin kering dan berminyak sehingga tampilan rambut akan kusam dan tak bercahaya.
  5. Apabila anda melakukan olah raga renang, sebaiknya lakukan keramas setelah berenang dan aplikasikan vitamin serta hair tonic setelahnya РHal ini perlu dilakukan dikarenakan kandungan khlorin yang terdapat pada kolam renang akan menyebabkan  rambut rusak dan kusam serta tidak bercahaya karena adanya kandungan garam yang cukup tinggi pada air.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *