Bahan Alami Bermanfaat Bagi Wanita

Perkembangan ilmu pengetahuan dalam bidang kesehatan semakin maju dan modern,demikian juga peredaran iklan di media massa juga kian berkembang pesat.  Salah satu iklan atau promosi adalah iklan yang menawarkan tentang berbagai macam obat atau jamu bagi bermacam keluhan yang sering dialami oleh wanita/ibu muda, misalkan ASI tidak lancar, haid tidak lancar dan sakit keputihan.

Para wanita/ibu muda boleh saja tertarik dan membeli berbagai macam produk yang ditawarkan karena selain sederhana yang pasti langsung dapat diminum tanpa harus mengolah maupun mencari bahannya. Tetapi alangkah baik dan bijaksana apabila wanita mencoba menggunakan ramuan alami yang sudah secara turun temurun di gunakan oleh nenek moyang kita.

Sebagai contoh ramuan alami yang bisa digunakan untuk mengatasi keluhan para wanita banyak sekali terdapat di sekitar kita, misalkan daun pepaya,kunyit,umbi temu, daun sambiloto, akar alang-alang ,daun murbei dan masih banyak lagi. Keluhan yang sering kita dengar misalkan:

Haid kurang lancar, nenek moyang kita menggunakan buah nanas untuk memperlancar haid yang tersendat-sendat caranya dengan mengkonsumsi/makan buah nanas 1 buah dalam satu hari dengan 2 tahap,buah nanas yang sudah masak di kupas lalu dicuci sebaiknya menggunakan air garam untuk mengurangi rasa gatal pada buah nanas. Selain dengan buah nanas dapat pula menggunakan ramuan yang diminum yang terdiri dari kunyit sebesar telur ayam diiris tipis,daun murbei 5 lembar,dan 5 biji asam tua,ketiga bahan tersebut direbus dengan 3 gelas air sampai mendidih dan setelah tinggal 2 gelas rebusan tadi dingin lalu diminum boleh juga ditambah dengan gula jawa untuk mengurangi rasa getirnya.

Sakit keputihan,untuk keputihan dapat menggunakan daun pepaya yang muda 1 lembar,1/2 genggam akar alang-alang,dan 20 biji cengkih,ketiga bahan tersebut dicuci lalu direbus dengan menggunakan 8 gelas air. direbus sampai mendidih dan setelah tinggal 6 gelas diangkat dan dingin lalu di minum sehari 3 kali.

Untuk melancarkan ASI, disarankan untuk para wanita yang sedang menyusui untuk banyak mengkonsumsi sayuran segar,misalkan bayam,daun katuk,jagung muda dan tomat. Semua bahan tersebut dimasak tanpa menggunakan santan,seandainya dengan mengkonsumsi sayuran tersebut ASI masih juga kurang lancar maka dapat ditambahkan dengan minum ramuan alami yang terdiri dari umbi temu hitam sebesar telur ayam yang diiris,temu lawak juga sama dan diiris,kunyit serta kayu manis dapat juga di tambah dengan sere ,sambiloto dan daun murbei. Semua bahan dicuci dan direbus dengan 8 gelas air hingga mendidih,setelah mendidih agak lama baru diangkat dan dingin  diminum 2 kali sehari.

 

 

 

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *