Bahan Makanan Penghilang Ketombe

Rambut   Ketombe merupakan gangguan ringan pada kulit kepala yang disebabkan oleh jamur. Walaupun merupakan gangguan ringan, tentu tidak ada seorangpun yang menginginkan ketombe ada di rambutnya. Selain rasa gatal, tentu mengurangi kepercayaan diri seseorang.

 

Banyak produk pembersih rambut (shampoo) yang diproduksi khusus untuk mencegah dan membersihkan ketombe. Ternyata ada bahan-bahan makanan yang secara alami dapat mengurangi adanya ketombe.

Beberapa bahan makanan tersebut adalah:

  1. Nanas (Ananas comosus). Caranya dengan kupas kulit nanas yang matang, parut, peras dan saring. Gosokkan kepada kulit kepala yang mengandung ketombe, berikan pada malam hari saat sebelum tidur, biarkan semalaman, kemudian pagi harinya bilas sampai bersih. Lakukan setiap malam sampai ketombe hilang. Kandungan zat alkaloid dalam nanas memberikan kasiat pembentukan kulit dan rambut serta dapat membuang kulit yang tidak sehat.
  2. Jeruk nipis (Citrus aurantifolia). Mengandung asam salisilat yang dapat mengurangi atau mengontrol keberadaan mikrobia di kulit kepala yang tidak menguntungkan dan memberikan efek segar dan mengurangi gatal, memberikan kilau pada rambut. Cara penggunaannya sangat mudah, berikan perasaan jeruk nipis pada kulit kepala dan rambut, diamkan 15 – 20 menit dan bilas.
  3. Tea Tree Oil. Mengandung antiseptik dan anti jamur. Sudah banyak dijual dalam bentuk kemasan. Caranya oleskan beberapa tetes pada kulit kepala, diamkan beberapa saat, kemudian keramas seperti biasa. Selain ketombe, dapat digunakan untuk gangguan kulit lainnya seperti infeksi kutu, eksim, kutu air, infeksi jamur, dll.
  4. Mengkudu. Buah yang dikenal mempunyai banyak kasiat diantaranya untuk mengatasi masalah ketombe. Caranya parut mengkudu, tambahkan air, aduk rata, lalu oleskan pada kulit kepala, pijat perlahan, biarkan mengering, kemudian bilas. Kandungan alkaloid dan tripertenoid berkasiat untuk melembabkan, antiseptik dan pelembut kulit.
  5. Apel. Mengandung antioksidan yang tinggi berguna sebagai tonik rambut. Caranya ambil sari buah apel, campurkan 2:2 jus sari apel dengan air hangat, tuangkan ke rambut sebelum keramas, pijat-pihat, biarkan 15-20 menit, kemudian bilas, lakukan 1 minggu 1 kali, lihat hasilnya pada minggu ke tiga.
  6. Pandan. Daun pandan selain sebagai pewarna alami makanan, dapat dipakai sebagai pengusir ketombe. Caranya giling pandan sampai halus, tambahkan air, kemudian peras dan saring, ambil sarinya. Pakai sari air pandan ini ke rambut, biarkan mengering sekitar 30-60 menit kemudian bilas dengan air bersih.
  7. Cuka. Cukup dengan mencampurkan atara cuka dan air dengan perbandingan yang sama, kemudian jadikan bilasan terakhir setelah melakukan keramas. Biarkan sebentar selanjutnya bilas dengan menggunakan air bersih.
  8. Soda kue. Selain ampuh mengusir ketombe dapat juga meringankan gatal-gatal di kulit kepala akibat ketombe. Caranya keramas seperti biasa, lalu berikan sedikit soda kue di telapak tangan kemudian ratakan di kulit kepala yang basah, diamkan beberapa saat, selanjutnya bilaslah dengan air hangat. Awalnya rambut mungkin akan agak kering, tetapi cara ini akan membuat kepala memproduksi minyak secara alami.

Selain perawatan dari luar, perawatan dari dalam juga perlu dilakukan, hindari minum berlebih kopi dan alkohol, diet makanan berkalori tinggi dan lemak, perbanyak makanan yang mengandung vitamin B6 dan vitamin B

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *