Cara Tepat dan Hemat Belanja Pakaian

Wanita dan belanja.  Ini adalah 2 hal yang gak gampang untuk dipisahkan. Betul kan?? Belanja apapun itu, terutama pakaian. Hampir semua kita pasti setuju kalau  berbelanja pakaian adalah kegiatan yang sangat menyenangkan. Kita pasti sangat menikmati saat2 berkeliling toko, gerai dan juga butik pakaian. Mulai dari sekedar melihat lihat, memilih, mencoba dan akhirnya membelinya.

Tapi seringkali juga kita hanya akan memindahkan pakaian-pakaian itu dari rak etalase toko untuk ditumpuk di lemari pakaian kita karena sebenarnya kita tidak terlalu menyukainya.  Kejadian ini seringkali terjadi. Saya sendiri pernah lho ngalaminnya. Akhirnya yang ada kebobolan lah kantong kita untuk hal yang sebenarnya tidak kita perlukan ataupun tidak kita sukai.

Nah, untuk menghindari hal-hal seperti itu, ada beberapa tips panduan untuk berbelanja pakaian (mumpung timing-nya pas nih, menjelang lebaran…). Coba simak deh..

Berbelanja sendirian

Terkadang belanja bareng sahabat, teman dekat, atau bahkan teman kantor sepulang dari kantor memang terasa menyenangkan. Kita bisa saling tukar pendapat tentang pakaian yang kita minati. Tapi seringkali juga kita jadi terprovokasi untuk membeli barang yang sebenarnya tidak kita perlukan, hanya karena menuruti teman kita itu. Untuk menghindari hal2 yg demikian, sebaiknya kita belanja sendirian saja supaya kita bisa bebas memilih dan akhirnya mantap dengan keputusan kita untuk membelinya.

Pakailah sepatu atau sandal favorit

Ternyata hal ini penting juga lho untuk bahan pertimbangan padu padan busana yang sesuai dengan sepatu atau sandal kita. Jangan sampai baju yang kita beli tidak sesuai/tidak matching dengan alas kaki kita. Yang ada, nanti terpaksa kita harus beli lagi sepatu/sandal baru. Berarti pemborosan lagi kan…

Perhatikan cahaya lampu di ruangan

Pada waktu memilih busana, usahakan mencari di tempat yang memiliki pencahayaan dengan lampu putih. Tujuannya supaya bisa memastikan warna asli dari busana yang kita pilih. Kebanyakan pusat perbelanjaan selalu menggunakan lampu halogen yang bisa menyamarkan warna asli dari pakaian. Tentu kita tidak ingin kecewa begitu tiba dirumah, melihat warna pakaian yang kita pilih ternyata warnanya tidak sesuai dengan yang ditampilkan di etalase tadi.

Jangan segan manfaatkan kamar pas

Supaya tidak menyesal karena ukuran pakaian tidak sesuai dengan tubuh kita, sebaiknya kita selalu fitting pakaian di kamar pas yang tersedia. Sebagai catatan, masing2 merek pakaian mempunyai ukuran yang berbeda-beda. Untuk itu jangan menyamaratakan semua ukuran di label pakaian. Jadi dari pada menyesal, ga ada salahnya kita coba… Baca juga tips di kamar ganti

Manfaatkan kamera ponsel

Ternyata kecanggihan teknologi saat ini memang banyak manfaatnya.  Bahkan pada saat mencoba pakaianpun kita bisa manfaatkan kamera ponsel kita untuk melihat penampilan kita dengan busana baru yg kita coba di kamar pas. Cara ini bisa membantu kita untuk memutuskan pakaian apa yang sesuai dan cocok untuk dikenakan di tubuh kita, sehingga sangat kecil kemungkinan kita menyesali pakaian yang kita beli.

Amankan diri kita

Sudah sering kan kita dengar ada pelecehan di kamar pas seperti ada yg ngintip dsb. Duh, jangan sampai ya semua itu terjadi sama kita. Untuk itu pastikan diri untuk selalu mengenakan underwear atau pakaian dalam untuk menghindari kemungkinan terburuk saat kita akan mengepas baju di kamar pas.

Hindari trend

Seringkali kita tergoda untuk membeli model pakaian yang sedang trend saat itu. Sebenarnya semua itu hanya akan membuat kita lebih terlihat kembar dengan pengikut trend lainnya. Coba deh lebih berkreasi dalam memilih pakaian. Kenakan pakaian yang sedikit berbeda dan terkesan unik. Atau lebih aman, gunakan pakaian yang lebih pas dengan gaya kita sendiri.

Pilih pakaian dari bahan yang nyaman

Walaupun pakaian yang kita beli adalah keluaran merk ternama, tapi kalau tidak terasa nyaman saat dipakai tentunya akan sia-sia. Untuk itu pilihlah pakaian yang terbuat dari bahan yang halus, lembut di kulit, tidak panas dan sesuai dengan iklim kita contohnya bahan katun.

Jadi..untuk menghindari “salah beli” yang berakibat pemborosan juga, yuk kita coba beberapa tips diatas. Semoga berguna buat semua ya….

 

 


 

2 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *