Cara Untuk Tetap Sehat Saat Bepergian

Disaat anda bepergian apakah itu dalam rangka liburan, kerja dinas keluar kota ataupun mudik (pulang kampung) dengan jarak tempuh yang jauh dan waktu yang panjang hingga lebih dari 5 jam, ada baiknya anda memperhatikan 2 hal mengenai makanan.

Pertama dan paling penting adalah luangkanlah waktu setiap hari untuk makan dan bagaimana anda menikmatinya.

Bagi pelancong yang mempunyai keterbatasan waktu dan anggaran untuk makan, ada baiknya memperhatikan jenis makanan yang akan anda makan. Bisa saja karena waktu yang anda miliki sempit, anda jadi hilang selera untuk menikmati makanan tersebut.

Begitu juga dengan anggaran yang menipis, membuat anda memutuskan untuk membeli makanan yang murah asal kenyang tanpa memperhatikan faktor asupan energi untuk tubuh yang dapat membuat anda cepat lelah dalam perjalanan. Hal kedua yang harus anda perhatikan juga adalah faktor keamanan makanan. Pastikan bahwa anda tidak alergi terhadap jenis makanan yang akan anda makan. Selain itu juga pertimbangkan nilai gizi dari makanan apakah cukup untuk berfungsi sebagai penyuplai bahan bakar bagi tubuh ataukah tidak. Karena asupan energi yang kurang bagi tubuh, membuat anda rentan terhadap penyakit, cepat lelah, sakit kepala, mudah tersinggung dan hal-hal lain yang tidak menyenangkan.

Makanan yang murah bukan berarti dapat menyebabkan sakit

Jika anggaran untuk rencana perjalanan anda tidaklah besar, ada baiknya anda mencari informasi terlebih dahulu tentang makanan murah dari tempat-tempat/kota-kota yang akan anda lalui nantinya. Informasi tersebut bisa anda dapatkan dari teman-teman anda atau mencarinya di situs pencari. Misalkan dikota A sebagai tempat persinggahan anda pertama kali, dan disitu makanan yang murah dan sehat/aman adalah beberapa macam buah-buahan yang dapat menjadi suplai energi anda. Tak ada salahnya anda membelinya beberapa buah jika singgah dikota A. Jangan lupa untuk mencuci terlebih dahulu dengan air mineral sebelum memakannya.

Hindari makanan yang membahayakan tubuh

Tentu saja anda tidak ingin repot dengan memeriksa secara detil kondisi kebersihan tempat makan/restoran yang anda tuju. Dengan hanya melihat anda sudah dapat mengetahui apakah makanannya baru dimasak ataukah tidak. Apakah air yang digunakan bersih, Apakah meja dan ruangan bersih dan Apakah bahan makanannya yang sudah biasa digunakan ataukah tidak. Hal tersebut merupakan sebagian kecil dari penilaian akan kualitas dari suatu tempat makan. Pemilik tempat makan/restoran yang tidak dapat menjaga kebersihan tempatnya, berarti dia tidak dapat pula menjaga faktor hygienis makanan yang dihidangkan. Pencegahan lain, selalu memilih makanan yang panas (baru dimasak) dari restoran lokal atau yang berada dipinggir jalan. Satu hal yang benar-benar harus anda hindari adalah jangan memakan nasi yang dihangatkan atau mie instant.

Air dan hindari dehidrasi

Tetap waspada dan jangan sampai anda mengalami dehidrasi yang berkepanjangan. Usahakan asupan air untuk tubuh anda tercukupi dengan minum 2-3 liter sehari. Disebagian besar wilayah di asia, anda tidak disarankan meminum air dari keran yang disediakan ditempat umum. Kecuali anda adalah seorang petualang berpengalaman yang memahami akan hal tersebut dan memiliki daya tahan tubuh yang sangat baik untuk melakukan itu. Membeli air dalam kemasan selama dalam perjalanan adalah pilihan yang baik, namun akan lebih baik lagi jika anda membawa botol minuman sendiri. Dimana anda sudah mengetahui sejauh mana tingkat hygienis botol minuman anda, dan dapat mengisinya ulang jika habis dengan air dalam kemasan yang anda beli. Perhatikan toko/swalayan tempat anda membeli air dalam kemasan. Hindari membeli air dalam kemasan yang diletakkan ditempat yang terkena sinar matahari langsung, selalu mengecek tanggal kadaluarsanya. Jika anda ingin terhindar dari sakit karena meminum air dalam kemasan, belilah produk yang sudah teruji dengan baik tingkat hygienis-nya.

Hindarkan diri dari terik matahari langsung

Disaat cuaca memasuki musim panas/kemarau, suhu udara bisa menjadi siksaan bagi seluruh tubuh anda. Sinar matahari dapat menyebabkan anda mengalami dehidrasi dan bisa jadi berbahaya bagi kesehatan kulit dan mata anda. Sebisa mungkin anda harus menjaga suhu tubuh anda tetap dingin/stabil dengan selalu minum air dan mengurangi laju kecepatan perjalanan anda (sering beristirahat) serta pergunakan pakaian yang tidak berkain tebal, topi dan kaca mata untuk siang hari (Sun Glasses)  jika hendak beraktifitas dibawah sinar matahari langsung. Cuaca yang panas dan pandangan yang terganggu karena silau sinar matahari dapat menyebabkan stres dan tingkat emosional anda menjadi mudah tersulut. Oleh karena itu, untuk menjaga kondisi suhu tubuh tetap dingin, selain meminum air, anda juga dapat mengkonsumsi yoghurt dan jus buah yang dapat berfungsi menjaga asupan air dalam tubuh. Hindari minum-minuman beralkohol dan mengandung soda yang dingin dan terasa menyegarkan, karena hal itu tidak dapat mengganti cairan tubuh yang hilang. Untuk menghindari hal-hal tersebut yang disebabkan oleh cuaca panas, ada baiknya anda mempertimbangkan untuk melakukan perjalanan di pagi hari atau sore hari.

Istirahat dan relaksasi – sebuah bagian penting dari merawat kesehatan anda

Sesederhana kedengarannya, tidur cukup sangat penting untuk tetap  sehat, aktif dan dapat menikmati perjalanan anda. Hal yang mudah dilakukan ini harus selalu anda perhatikan disela-sela jadwal perjalanan dan liburan anda yang padat. Jangan memaksakan diri untuk tetap beraktifitas disaat tubuh terasa lelah atau anda akan menjadi rentan terhadap penyakit. Rencanakan jadwal perjalanan dan liburan anda dengan teliti dan seksama, sehingga waktu untuk tidur dan bersantai tidak terabaikan. Selain itu hilangkan pikiran-pikiran yang dapat mengganggu kenyamanan anda disaat dalam perjalanan dan berlibur, entah itu masalah pekerjaan dan lain-lain, agar rasa relaks yang anda inginkan (just sit back and enjoy yourself) dapat terwujud.

Baca juga Tips Makan Sehat Saat Liburan

1 Comment

  1. Pingback: Tips Makan Sehat Selama Liburan | Tips Melancong

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *