Khasiat dan Manfaat Buah Jeruk

Buah jeruk baik yang berwarna kuning ataupun hijau memang dikenal karena kaya akan Vitamin C-nya. Namun tahukah Anda selain mengandung vit. C, jeruk juga banyak mengandung vitamin dan mineral serta serat essential yang tidak bisa diproduksi dari tubuh, sangat baik untuk kesehatan maupun untuk kecantikan..!!

Buah jeruk ini mempunyai nama latin “citrus” dimana memiliki rasa khas seperti manis, asam dan segar. Rasa masam itu sendiri berasal dari asam sitrat yang dihasilkan.

Selain Vitamin C, buah jeruk ini memiliki kandungan gizi esensial yang sangat baik bagi tubuh seperti:

karbohidrat, kalsium, potassium, folat, thiamin, vitamin B6, magnesium, fosfor, niacin, tembaga, asam pantotenat, dll.

 

Adapun manfaat jeruk untuk kesehatan ataupun kecantikan, yaitu:

A. KESEHATAN

  1. Dapat menurunkan risiko kanker usus besar karena bisa membantu mengusir radikal bebas yang menyebabkan kerusakan pada DNA, hal ini didapati dari kandungan vitamin C-nya.
  2. Vitamin C yang terkandung didalamnya penting sebagai sistem kekebalan tubuh, baik untuk mencegah terjangkitnya penyakit flu dan mencegah infeksi telinga berulang.
  3. Membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah karena kandungan polisakarida non-pati di dalam buah jeruk yang sering di kenal sebagai serat makanan.
  4. Buah jeruk mengandung beta karoten yang akan diproses dalam tubuh dan membentuk vitamin A, kaya akan antioksidan yang baik memerangi kanker dan melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan.
  5. Untuk mencegah terjadinya serangan penyakit kanker paru – paru, karena mengandung beta-cryptoxanthin, sebuah karotenoid dalam buah  yang berwarna merah-orange.

 

B. KECANTIKAN

  1. Mengandung antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas penyebab terjadinya penuaan dini. cukup mengkonsumsi 1 buah jeruk sehari untuk mempertahankan keremajaan kulit
  2. Bagi yang sedang menjalani diet atau mengalami masalah berat badan, sangat baik untu mengkonsumsi buah jeruk  sebagai asupan gizi ke dalam tubuh karena hanya mengandung karbohidrat dalam bentuk sederhana yang berupa glukosa, sukrosa, dan fruktosa.
  3. Jeruk mengandung polisakarida non-pati yang sering kita kenal sebagai serat makanan, membantu memperlambat proses pengosongan lambung sehingga kita tidak mudah menjadi lapar.

 

 

2 comments

  1. Pingback: Beberapa Manfaat Jambu Biji | Gudang Informasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *