Khasiat dan Manfaat Buah Leci

 

Dibandingkan dengan buah jeruk, pisang, mangga, apel dan lainnya, buah leci memang belum terlalu dikenal dan di konsumsi oleh kebanyakan orang Indonesia.

Buah leciĀ  atau dalam bahasa latinnya Litchi chinensis Sonn merupakan bahan pangan atau buah yang sebenarnya berasal dari provinsi Kwantung dan Fukien di Cina Selatan.

Walaupun belum begitu populer, buah leci ini sudah di budidayakan di Indonesia karena memiliki nilai ekonomi karena berdaya jual tinggi dan tentu saja karena rasa segar dan manis yang berbeda dari buah lainnya.

 

Adapun beberapa manfaat buah leci sebagain berikut:

  1. Membantu mempertahankan dan menurunkan berat badan karena mengandung kadar lemak yang rendah
  2. Menambah dan meningkatkan energi terutama jika di konsumsi pada malam hari karena mengandung Glukosa dan Sukrosa yang banyak
  3. Sangat baik untuk tumbuh kembang anak karena mengandung kalsium yang sangat tinggi dan berkhasiat untuk pembentukan tulang, gigi, proses pembekuan darah, sistem metabolisme tingkat sel, dan sistem perkembangan persarafan. Mengutip kata dari dr Rifan Fauzie, SpA dalam seminar edukasi bertema Maksimalkan asupan Kalsium Sejak Dini untuk Tulang yang Kuat bagi orang tua murid di Solo, Proses pembentukan tulang memang paling penting terjadi sejak usia bayi hingga pubertas, oleh sebab itu asupan kalsium harus cukup sejak dini untuk membentuk tulang yang kuat.

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *