Khasiat dan Manfaat Kacang Kedelai

 

Awalnya kedelai berasal dari negeri Cina dan dipercaya sebagai pengguna makanan kedelai pertama. Seiring berjalannya waktu, kacang kedelai dijadikan sebagai makanan diet pokok.

Kedelai terdiri dari 2 jenis yaitu kedelai putih (Glycine max) dan kedelai hitam (Glycine soja). Namun yang paling banyak digunakan sebagai bahan dasar pembuatan makanan adalah kacang kedelai putih sedangkan untuk kacang kedelai hitam dijadikan sebagai salah satu bahan dasar pembuatan kecap.

 

Kacang kedelai juga memiliki beberapa nama berbeda di beberapa daerah, diantaranya: Kedelai (Indonesia), Kedhele (Madura); Kedelai, Kacang jepun, Kacang bulu (Sunda), Lawui (Bima); Dele, Dangsul, Dekeman (Jawa), Retak Menjong (Lampung); Kacang Rimang (Minangkabau), Kadale (Ujung Pandang).

Sebagai bahan makanan sehari – hari kedelai yang paling banyak digunakan adalah bagian bijinya yang biasanya kita sebut kacang kedelai. Beberapa makanan yang berasal dari kacang kedelai yaitu:

Tahu, Tempe, susu kedelai, tepung kedelai, kecap, tauco, tausi, makanan ringan, dll

 

Adapun kandungan vitamin dan mineral yang bermanfaat dan terdapat pada kacang kedelai, yaitu:

Protein yang tinggi, Kandungan asam lemak tak jenuh yang baik untuk tubuh, Vitamin A, B1, B2, C, Niacin, Zat Besi, Kalsium, Isoflafon, Saponin, Tripsin Inhibitor, Metionin, Fosfor, Magnesium, Karbohidratserta mengandung gizi lengkap, antara lain, protein (lisin, leusin); lemak (asam lemak omega 3, asam lemak omega 6).

 

Sedangkan Khasiat dan Manfaat dari kacang kedelai adalah sebagai berikut:

  • Sebagai pengganti susu bagi BALITA yang mengalami alergi terhadap susu kaleng atau pada saat BALITA tersebut mengalami sakit seperti : typhus, maag, buang – buang air besar atau diare dan lainnya
  • Dapat menurunkan risiko sakit kanker dan tumor seperti kanker payudara ataupun kanker prostat, gangguan serangan jantung, stroke, osteoporosis karena mengandung Isoflafon yang merupakan senyawa dalam tanaman yang memiliki efek seperti hormon estrogen, disebut juga fitoestrogen dan hal ini terdapat pada kacang kedelai
  • Menurunkan kadar kolesterol, penyakit tekanan darah tinggi dan baik untuk penderita Diabetes karena dapat menurunkan kadar gula darah dan  mengandung GI Rendah – Indeks glikemik (glycemic-index/GI) yaitu karbohidrat yang lambat terurai dan akan melepas glukosa ke dalam aliran darah secara bertahap.
  • Dapat membentuk tulang yang kuat  karena mengandung Kalsium yang tinggi.
  • Selain itu kacang kedelai dapat menambah daya ingat, meningkatkan tenaga dan energi yang baik serta dapat  meningkatkan metabolisme dan menguatkan sistem imun yang baik untuk kesehatan tubuh.

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *