Khasiat dan Manfaat Kacang Panjang

 

Indonesia memang memiliki kekayaan alam yang tak terkira seperti buah-buahan dan  sayuran. Salah satu sayuran tersebut adalah kacang panjang. Rasa dan bentuknya yang khas berwarna hijau dan berukuran panjang menjadikan kacang panjang sebagai favorit sayuran terutama sebagai lalapan, aneka menu sayuran, bahkan sebagai bahan untuk membuat gado – gado.

 

Kacang Panjang juga banyak khasiat dan manfaatnya yang sangat baik untuk kesehatan tubuh karena banyak mengandung protein yang baik, vitamin A, thiamin, riboflavin, besi, fosfor, kalium, vitamin C, folat, magnesium, mangan serta klorofil, vitamin B1 dan B2, serat dan pektin.

 

Adapun manfaat baik untuk kesehatan dan sebagai obat untuk penyakit ataupun kecantikan diantaranya;

 

A. Untuk Kesehatan

  • Memperkecil resiko terserang stroke, hipertensi dan jantung karena dapat mengendalikan gula darah.
  • Mengatasi sembelit dan gangguan pencernaan
  • Mengontrol kadar gula darah bagi penderita Diabetes karena mengandung serat yang tinggi
  • Menurunkan Kolesterol, mencegah anemia, mengatasi letih dan lesu
  • Untuk menambah nafsu makan, caranya;  rebus 100 gram kacang panjang, 40 gram temulawak dan 3 buah kiam boi/sun boi dengan air secukupnya, saring lalu tambahkan madu secukupnya dan diminum.
  • Sebagai antikanker, caranya: tumis kacang panjang, buncis, brokoli, wortel masing-masing secukupnya lalu tambahkan sedikit garam dan gula hingga matang, lalu makanlah hidangan inisecara teratur. Lakukan 2 kali sehari secara teratur dan jangan lupa tetap konsultasikan ke dokter

 

B. Untuk Kecantikan

  • Untuk mengatasi dan mencegah Jerawat, caranya cukup mudah. Jadikan kacang panjang sebagai menu lalapan anda.. 🙂

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *