Manfaat Anggur Untuk Kesehatan Tubuh

Buah anggur memang sangat dikenal dengan rasa yang unik, manis namun sedikit asam. Biasanya sering dijadikan sebagai jus, minuman anggur, jelly, minyak ataupun dimakan secara langsung.

Anggur merupakan tanaman yang dapat di budidayakan pada dataran rendah dan membutuhkan intensitas cahaya matahari yang cukup tinggi. Oleh sebab itu tanaman anggur sangat cocok ditanam pada saat musim kemarau panjang.

Anggur terdiri dari 2 jenis, yaitu anggur hijau dan anggur merah dan masing memiliki kandungan gizi yang sama, diantaranya;

Karbohidrat (Gula dan serat pangan), lemak, Protein, Thiamin (Vit. B1), Ribopalfin (Vit. B2), Niacin (Vit. B3), Pantotheniv acid (Vit B5), Vit. B6, Folate (Vit. B9), Vit. B12, Vit C, Vit E, Vit K, Klasium, Iron, Magnesium, Manganese, Phosphorus, Phottasium, Sodium, Zinc.

Sedangkan beberapa manfaat Anggur untuk kesehatan tubuh, yaitu:

  1. Menyehatkan gusi dan mulut karena banyak mengandung Vit. A, B, C, K
  2. Mengatasi sembelit dan gangguan buang air besar karena Anggur mengandung asam organik, gula, selulosa yang dikenal sebagai pencahar.
  3. Mengatasi kelelahan pada tubuh karena mengandung energi instan yang didapat dari zat besi. Hal ini juga harus di imbani dengan istirahat yang cukup.
  4. Mengandung antioksidan dan serat tinggi yang terdapat pada Vit A,C, E. Hal ini dapat menangkal radikal bebas sehingga mencegah terjadinya penuaan dini dan menjaga imunitas tubuh serta mencegah penyakit kanker usus besar.
  5. Mencegah terbentuknya sel kanker terutama kanker payudara dan menjaga kesehatan jantung serta mencegah terjadinya penyakit Alzheimer. Anggur mengandung senyawa polifenol dan resveratol yang berperan aktif dalam berbagai metabolisme tubuh, Polifenol ini mengurangi tingkat amyloidal beta peptides pada penderita Alzheimer yang dapat meningkatkan kesehatan otak.
  6. Anggur dapat membantu menyingkirkan asam pada ginjal yang berarti mengurangi gangguan pada tekanan ginjal.
  7. Mengatasi migrain atau sakit kepala sebelah dengan membuat jus anggur tanpa ditambahi oleh apapun atau dapat dimakan langsung buahnya setiap pagi hari.
  8. Mencegah asma karena Anggur memiliki kekuatan assimilatory yang dapat meningkatkan kadar air dalam paru-paru.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *