Manfaat Blewah Untuk Kesehatan

 

Di Indonesia biasanya buah Blewah paling banyak ditemui pada saat memasuki bulan Ramdhan. Buah ini biasanya dijadikan sebagai minuman segar seperti es buah selain timun suri dan kolang – kaling.

Buah blewah ini memang sangat baik untuk mengganti cairan tubuh yang hilang hal ini juga dinyatakan oleh  Rr Harudiyati, ahli gizi dari RSU dr Soetomo Surabaya. Oleh sebab itu buah blewah sangat baik dikonsumsi oleh orang yang melakukan olah-raga, melakukan perjalanan jauh dan tentu saja sangat baik bagi orang yang berpuasa.

Sedangkan Manfaat Blewah untuk Kesehatan selain sebagai pengganti cairan tubuh yang hilang, yaitu:

  • Blewah merupakan sumber vitamin A dan betakaroten yang sangat baik. Kandungan betakarotennya merupakan jenis antioksidan yang dapat berperan penting dalam mengurangi konsentrasi radikal peroksil atau radikal bebas yang dapat mencegah penuaan dini ataupun mencegah kanker.
  • Vitamin A yang terkandung didalamnya dapat menjaga kesehatan mata dan tulang serta baik dikonsumsi bagi perokok aktif maupun pasif.
  • Kalium yang terdapat di dalam blewah mampu mengendalikan tekanan darah, cocok bagi penderita hipertensi.
  • Blewah juga memiliki indeks glikemik yang rendah (GI), Fruktosa dan glukosa yang terkandung dalam buah blewah merupakan gula sederhana yang alami sehingga aman dikonsumsi bagi penderita diabetes, obesitas. Selain itu juga dapat mencegah asam urat
  • Blewah juga dapat memelihara kesehatan jantung, paru-paru, ataupun pembuluh darah.
  • Dapat meningkatkan daya tahan tubuh, menyehatkan fungsi ginjal dan limpa, dan menurunkan tekanan darah karena kaya kandungan mineral kalium dan provitamin A serta serat makanan.
  • Kandungan potassium dalam buah blewah dapat menurunkan tekanan darah tinggi, mengurangi pembentukan plak di arteri, serta sebagai pencahar alami.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *