Manfaat Lain Dari Garam

Selama ini kebanyakan dari kita hanya tau kalau garam hanya berfungsi sebagai bumbu dapur.

Padahal, masih banyak fungsi lain dari butiran putih yg berasa asin ini.  Antara lain :

Untuk membersihkan setrika

Seringkali setrika yang sudah berulang kali kita pakai, terlihat lapisan hitam yang agak tebal di bagian bawah. Tentu saja kotoran ini akan menempel di pakaian kita pada saat digunakan untuk menggosok. Untuk menghilangkannya kita bisa gunakan sedikit garam yang ditaburkan di atas kertas, lalu disetrika diatasnya. Setelah itu gunakan sedikit uap panas untuk membersihkannya. Bersihkan juga alas setrika dengan sehelai kain lembab ketika sudah tidak panas.

Sebagai pembersih poles

Campurkan garam dan cuka sampai menjadi adonan kental. Gosokkan adonan ini pada perhiasan perak dan tembaga yg sudah kusam warnanya. Gunakan sehelai kain lembut dan gosokkan adonan itu lalu bilas dengan air hingga bersih dan keringkan. Perhiasan anda akan terlihat seperti baru kembali.

Pencuci mulut dan obat kumur

Larutkan setengah sendok teh garam ke dalam setengah gelas air hangat. Aduk hingga rata, kemudian ratakan ke seputar mulut anda untuk berkumur-kumur. Ini sangat membantu kita terutama saat kita sedang sakit gigi.

Pengusir semut

Seringkali kita terganggu oleh adanya segerombolan semut2 di meja makan. Untuk mengusirnya, tuangkan garam pada tempat dimana semut sering bergerombol dengan cara searah garis untuk mencegah semut2 itu lewat kembali.

Semoga sedikit tips ini bisa berguna untuk kita ya..

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *