Manfaat Singkong Untuk Kesehatan Tubuh

 

Singkong yang menjadi salah satu makanan favorit penduduk Indonesia memiliki nama latin “manihot utilissima” sedangkan bahasa inggrisnya disebut “Cassava”. Beberapa daerah di Indonesia menyebutnya dengan berbagai nama. Misalnya; ubi kayee (Aceh), kasapen (Sunda), tela pohong (Jawa), tela belada (Madura), lame kayu (Makassar), pangala (Papua), dan lain-lain. Rasanya yang khas, berbentuk unik karena merupakan umbi – umbian bahkan dijadikan sebagai makanan pokok untuk di beberapa daerah.

 

Singkong memiliki daging umbi berwarna putih atau agak sedikit kekuning-kuningan. Namun umbi ini tidak tahan di simpan di dalam lemari pendingin. dalam hal ini kita musti mengetahui apabila ingin mengkonsumsinya. Gejala kerusakan yang umum yaitu keluarnya warna biru gelap pada umbi akibat terbentuknya asam sianida yang bersifat racun bagi manusia.

Singkong dapat di masak dengan berbagai cara dan dapat digunakan pada berbagai macam masakan. Bisa juga di rebus untuk menggantikan kentang jika ingin masakan rendah karbohidrat, dan juga dijadikan sebagai pelengkap masakan.

 

Sedangkan manfaat singkong tidak hanya untuk kesehatan namun juga untuk kecantikan. Adapun Manfaat Singkong yaitu:

 

A. KESEHATAN

  • Singkong merupakan umbi yang banyak sekali mengandung Insoluble Fiber atau Serat yang tidak larut dalam Air. Serat jenis ini berfungsi memperlancar proses buang air besar, serta mampu menyerap dan membuang toksin dalam usus, sehingga pencernaan tubuh Anda menjadi sehat.
  • Singkong dapat mengatasi sakit kepala. Caranya mudah, ambil daun singkong kemudian ditumbuk lalu gunakan untuk kompres.
  • Dari umbi ini dapat pula dibuat tepung tapioka atau tepung singkong yang dapat digunakan untuk mengganti tepung gandum, baik untuk pengidap alergi.
  • Sebagai Obat luka karena terkena benda panas ataupun luka bekas garukan, singkong diparut lalu diperas. Airnya didiamkan beberapa saat hingga patinya mengendap, lalu patinya dioleskan pada bagian yang luka.
  • Untuk mengatasi penyakit beri-beri, Caranya; ambil 200 gram daun singkong lalu dimakan sebagai lalap.
  • Untuk meningkatkan stamina,¬† ambil 100 gram singkong, 25 gram kencur, dan lima butir angco yang telah dibuang bijinya, diblender dengan menambahkan air secukupnya. Lalu tambahkan madu dan diminum.

B. KECANTIKAN

  • Singkong sebagai Diet alami. Karena singkong merupakan bahan makanan yang memiliki kandungan karbohidrat¬† lebih rendah dari nasi dan roti. Serat yang tinggi membuat perut tetap terasa kenyang dalam waktu yang lama.

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *