Mengatasi Bau Menyengat Pada Sepatu

Ada banyak alasan dan kemungkinan mengapa sepatu yang kita pakai mempunyai bau yang menyengat. Sepatu yang tertutup seperti sepatu sandal, sneakers, sepatu boot ataupun sepatu olah raga lebih cenderung berbau tidak sedap karena tidak ada rongga ventilasi di dalamnya.

Bila kita memakai sepatu dalam waktu yang cukup lama, akan muncul keringat di kaki yang diserap oleh kaus kaki dan sepatu. Hal inilah yang menyebabkan sepatu menjadi berbau tidak sedap. Jika selama cuaca hujan dan panas menyengat yang menyebabkan sepatu lembab dan tidak kering, maka sepatu tersebut akan sangat mungkin menimbulkan bau.

Berikut ini adalah beberapa tips yang perlu diketahui untuk menyingkirkan bau pada sepatu.

  1. Buatlah campuran ¼ cangkir garam laut dengan secangkir air hangat dan tuangkan di dalam botol semprot.
  2. Semprotkan ini pada sepatu Anda untuk menghilangkan bau pada sepatu.
  3. Jika sepatu Anda terbuat dari kanvas, maka bisa dilakukan dengan merendam sepatu selama setengah jam dalam campuran air hangat dengan shampo berformula ringan.
  4. Bersihkan sepatu secara menyeluruh untuk menghilangkan kotoran dan mengeringkannya di bawah sinar matahari. Hal ini membantu dalam menyingkirkan penumpukan jamur dalam sepatu.
  5. Dalam wadah kecil, campurakan 4 sendok makan cuka dengan 2 sendok makan air. Ambil kain bersih atau spons dan basahkan dengan campuran cuka dan air , kemudian masukkan ke bagian dalam sepatu, biarkan mengering. Jangan gunakan cara ini untuk sepatu berbahan dasar kulit.
  6. Buatlah campuran 2 sendok makan baking powder dengan sendok makan tepung maizena. Taburkan campuran ini di dalam sepatu Anda yang bau dan biarkan semalaman. Baking powder akan menyerap semua bau yang tidak menyenangkan dari sepatu Anda.
  7. Anda juga dapat menggosok bagian dalam sepatu Anda dengan sedikit alkohol dan beberapa tetes minyak esensial favorit Anda.
  8. Gunakan spray antibakteri khusus sepatu yang mudah tersedia di pasar untuk menyingkirkan bau sepatu.
  9. Arang yang dijadikan potongan-potongan kecil dan ditempatkan dalam sepasang kaus kaki bisa berfungi untuk menyingkirkan bau menyengat.
  10. Pilihan lain untuk menghilangkan bau dari bau sepatu adalah masukkan sepatu dalam kantong plastik dan bekukan dalam beberapa jam.
  11. Salah satu cara terbaik untuk menyingkirkan bau sepatu adalah dengan mengeringkannya di bawah sinar matahari. Sinar matahari membantu dalam membunuh bakteri yang menghasilkan bau yang tidak sedap.

Selain tips menghilangkan bau pada sepatu, ada beberapa tips juga untuk pencegahan agar sepatu Anda tidak berbau, yaitu :

  1. Salah satu cara terbaik untuk mencegah sepatu bau adalah untuk mengeringkan sepatu Anda segera jika basah. Bakteri dan jamur berkembang dalam lingkungan yang lembab, sehingga yang terbaik adalah untuk mengeringkan sepatu Anda secara menyeluruh baik di sinar matahari atau dengan bantuan pemanas.
  2. Hindari mengenakan sepasang sepatu yang sama setiap hari berturut-turut dan mengganti sol sepatu Anda setiap dua sampai tiga bulan sekali.
  3. Hindari memakai sepatu yang tertutup rapat dan pakailah sandal yang terbuka di ujungnya sehingga bisa memberikan kesempatan kaki Anda untuk bernapas.
  4. Sering-seringlah mengganti kaus kaki dan selalu kenakan kaus kaki yang bersih dan segar ketika Anda pergi ke gym untuk berolahraga.
  5. Jika Anda banyak berkeringat, taburkanlah sedikit bedak pada kaki Anda sebelum Anda memakai sepatu. Bedak akan membantu dalam menyerap keringat dan menjaga kaki Anda terasa segar.

Kebersihan pribadi adalah penting jika Anda tidak ingin sepatu Anda berbau. Jika Anda rentan terhadap keringat berlebihan, cucilah kaki Anda dua kali sehari dengan air hangat untuk menghilangkan bau apapun dari kaki Anda.

Selamat mencoba.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *