Mengorganisasi Email di Google Mail

gmail-inbox

Banyak layanan akun email pribadi ada di Internet, seperti Hotmail, Yahoo dan Google. Google sebagai salah satu layanan yang populer sebagai mesin pencari yang paling sering digunakan juga memberikan layanan akun email gratis berupa Google Mail atau sering disingkat sebagai GMail. GMail populer digunakan karena berbagai sebab, selain karena gratis beberapa diantaranya adalah ruang penyimpanan yang besar, integrasinya dengan mesin pencari, dan kemudahannya dalam pengorganisasian email berupa label, dan filter.

Mengapa pengorganisasian email ini penting? Karena dengan mengorganisasikan informasi yang masuk, akan memudahkan kita untuk mencari informasi yang dibutuhkan suatu saat nanti, apalagi kalau informasi yang masuk sangat banyak.

Di GMail, ada beberapa fasilitas yang dapat digunakan seperti label dan filter.Caranya sebagai berikut:

1. Menambah label dapat dilakukan melalui Setelan Mail (tombol di pojok kanan atas) > tab Label > klik Buat Label Baru.

2. Kemudian isi dengan label yang diinginkan. Setelah label jadi, email yang diinginkan untuk diberi label tersebut, diberi centang kemudian melalui ikon label beri centang label yang sesuai.

Penambahan label dapat dilakukan juga langsung pada saat membuka email, dengan cara klik ikon Label > centang label yang sudah ada, atau buat label baru.

Fitur lainnya yang penting untuk memudahkan pengorganisasian adalah fitur Filter. Fitur ini memungkinkan email dengan kriteria tertentu yang sudah ditentukan sebelumnya, akan terorganisir seusai yang diinginkan

Selamat bereksperimen dengan fitur Label dan Filter.