Persiapkan Rumah Anda Saat Musim Hujan

Januari, Hujan Sehari-hari… Istilah ini lekat sekali disebut-sebut orang sebagai Musim Hujan. Hal penting yang harus diperhatikan saat musim hujan datang adalah kondisi rumah tempat kita berteduh haruslah baik. Apa saja sih yang harus dipersiapkan, simak ya tips-tips berikut ini :

1. Atap

Perhatikan baik-baik kondisi genting nya apakah ada yang merosot sehingga membuat celah untuk air masuk ke dalam atap rumah dan menyebabkan genangan di atas plafonnya.

2. Dinding

Cat lah dinding rumah anda dengan lapisan cat yang tahan segala cuaca. Dinding yang terbuat dari batu-batu alam yang tidak dicat akan menyebabkan lumut tumbuh di atasnya. Anda bisa lapisi batu-batu itu dengan pernis anti jamur.

3. Saluran Air

Periksa talang air dan saluran selokan. Jangan sampai mampet sehingga aliran tidak lancar. Ini lah yg menyebabkan adanya genangan air. Jika fatal bisa menyebabkan banjir setempat.

4. Asesoris Halaman Rumah

Misalnya lampu taman, pompa kolam ikan. Pastikan kabel yang terhubung dengan aliran listrik tidak ada yg terkelupas yang membuat hubungan singkat yang sangat berbahaya.

  1. Nah, kalau sudah terjadi banjir, lantas apa yang harus dilakukan?
  2. matikan aliran listrik, gas dan air
  3. barang-barang elektronik dan sofa-sofa pindahkan ke tempat yang lebih tinggi
  4. dokumen-dokumen penting juga harus disimpan di tempat yang aman dari genangan air banjir.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *