Suka Menyimpan Struk Belanja?

Banyak dari kita yang tidak menyadari betapa perlunya untuk menyimpan struk belanja.  Mungkin juga ada yang berpikir untuk apa saya menyimpan kertas yang sudah tidak bisa saya manfaatkan? Bikin sampah aja….

Ternyata …manfaat struk belanja kita itu selain untuk perbandingan harga …hehehe untuk ibu – ibu mungkin ya….masih ada manfaat lain dari struk  belanja kita.

Saat ini kan banyak juga produk – produk yang aspal ( asli tapi palsu ) yang beredar dipasaran, nah kalau suatu saat misalnya lagi apes  …kita  mendapatkan barang yang aspal, atau kadaluarsa, lalu kita bisa melaporkan kejadian tadi ke BPSK ( Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen ) dengan membawa struk belanja tadi dan barang yang kita beli sebagai barang bukti agar pengaduan kita bisa di proses oleh badan  yang bersangkutan ( BPSK ).

Tapi kalau kita tidak punya bukti apapun maka kita tidak bisa berbuat apa- apa, dan si oknum  ( pemalsu barang ) bebas aja berkeliaran, dan semakin banyak konsumen yang menjadi korbannya, dan merugikan siprodusen yang sebenarnya.

Dan yang tak kalah pentingnya sebelum membeli suatu produk  adalah: lihat tanggal kadaluarsa yang tertera di box, atau kemasan makanan atau produk yang kita beli, jika mencurigakan misalnya ada coretan atau tulisan tidak jelas sebaiknya tidak usah dibeli.

Semoga tulisan ini bisa mengingatkan kita semua untuk selalu berhati-hati sebelum membeli barang,  jadilah konsumen yang bijak, teliti sebelum membeli dan belilah sesuai keperluan.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *