Tetap Menyusui Saat Berpuasa

test3_claspedhands-300x123

Walaupun sedang berpuasa, seorang ibu yang sedang dalam masa menyusui anaknya haruslah tetap mendapat asupan makanan selama 3 kali sehari dan mengkonsumsi makanan bergizi yang seimbang, dimana 50% karbohidrat, 30% protein dan 10-20% lemak.

Berikut tips agar Ibu Menyusui tetap dapat beribadah puasa selama bulan suci Ramadhan 1. Asupan Menu dengan Gizi Seimbang

Ibu menyusui setidaknya memerlukan tambahan 700 kalori per hari, 500 kalori berasal dari makanan ibu dan 200 kalori berasal dari cadangan lemak yang ada di dalam tubuh ibu. Oleh karenanya di bulan puasa ibu menyusui tetap harus makan minimal 3 kali sehari. Lantas bagaimana jadwal “makan” nya? Tentunya pada saat berbuka puasa, makan sahur dan sebelum tidur di malam hari sebagai tambahannya. Jangan lupa tetap mengkonsumsi makanan-makanan dengan gizi berimbang.

2. Perbanyak konsumsi cairan, mulai dari berbuka hingga sahur

Usahakan untuk mengkonsumsi cairan minimal 2 liter air putih dan ditambah lagi dengan cairan lain seperti jus buah dan susu. Susu dapat membantu mengurangi gejala anemia pada ibu menyusui

3. Istirahat yang cukup

Sehabis menyusui biasanya badan ibu agak lemas. Cobalah untuk beristiahat sejenak, dapat tidur lelap atau hanya sekedar istirahat relaks menenangkan pikiran.

Satu hal yang perlu diingat adalah semakin sering bayi menyusu langsung pada payudara ibu maka produksi ASI pun akan semakin meningkat. Oleh karena itu, tetaplah rajin menyusui bayi Ibu walaupun sedang berpuasa. Jangan berpikir “payudara tidak ada isinya” karena sedang berpuasa. Breastfeeding is about mind game, rite?

 

Oya… baca juga Tips Tampil Cantik Saat Puasa dan Tips Sehat Saat Lebaran  yaa

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *