Tips Aman & Nyaman Saat Mudik Lebaran

leaflet-mudik-Front

Berlebaran tanpa mudik alias pulang kampung di kalangan masyarakat Indonesia ibarat menikmati sayuran tanpa garam. Mudik saat lebaran adalah sebuah tradisi tahunan yang sudah sangat membudaya dimana para pendatang maupun penduduk tetap sebuah kota besar “kembali sesaat” ke kampung halaman tercinta untuk merayakan Idul Fitri bersama sanak saudaranya. Berikut tips aman dan nyaman berkendaraan pribadi saat mudik:

1. Persiapan Kendaraan

Sebelum melakukan perjalanan panjang saat mudik, sudah tentu Anda harus mempersiapkan kondisi kendaraan kendaraan Anda seperti service berkala, pengecekan kondisi mesin, persediaan kotak P3K, pengadaan peralatan seperti kunci-kunci, obeng, tang, dongkrak, ban serep, dan lain sebagainya.

2. Siapkan Peta Jalur Mudik

Penting! Karena jalur-jalur yang akan dilalui haruslah mencantumkan lokasi SPBU, Pos Polisi, ATM, tempat peristirahatan, dan titik-titik rawan kecelakaan. akan jauh lebih baik jika Anda juga mempunyai GPS (Global Positioning System)

leaflet-mudik-Front

3. Jaga Kondisi Fisik Pemudik

Kondisi fisik pemudik haruslah dalam keadaan baik dan fit, terutama bagi driver-nya. Jangan sekali-kali “nekat” mengemudikan mobil / motor dalam keadaan kurang fit atau mengantuk karena sangat menggangu konsentrasi dan tentunya akan berbahaya bagi penumpang lainnya

4. Packing Barang Muatan dengan Benar

Atur posisi barang bawaan Anda. Barang-barang yang sekiranya dibutuhkan cepat dan rutin saat perjalanan haruslah diletakkan pada tempat yang mudah dijangkau sehingga tidak perlu berhenti untuk bongkar muatan bagasi lagi.

5. Catat Nomor Telepon Penting

Simpan dengan baik nomor-nomor penting seperti nomor bantuan Polisi,  jasa marga, nomor darurat tol, rumah sakit bahkan nomor-nomor keluarga yang bisa dihubungi. Jika disimpan di dalam memory ponsel Anda, pastikan batere selalu cukup sehingga dapat digunakan sewaktu-waktu

Dan… yang terpenting dari itu semua, mulailah perjalanan Anda dengan doa mohon perlindungan Tuhan agar diberikan keselamatan perjalanan dan ditibakan dengan selamat untuk berkumpul dengan seluruh keluarga di kampung halaman.

Selamat jalan! Selamat menikmati perjalanan mudik Anda….

 

Sumber gambar: www.safetyposter.co.id