Tips Bepergian Ke Luar Negeri Dengan Dana Terbatas

Pengen jalan-jalan ke luar negeri tapi dana terbatas?
Jangan kuatiir.. Banyak jalan menuju Roma 😀

Simak tips bepergian ke luar negeri berikut ini yuk….

1. Pilih Waktu Bepergian (Yang Tepat)

Waktu yang paling enak buat jalan-jalan itu sih saat low season. Selain harga tiket murah, biasanya penginapan serta berbagai kebutuhan liburan lainnya juga terjangkau.

2. Manfaatkan Promo Tiket Murah

Saat low season, biasanya tiket pesawat juga ikut turun harga karena ada banyak promo menarik dari berbagai maskapai penerbangan. Manfaatin deh promonya. Cari informasi sebanyak-banyaknya lewat internet. Kunjungi situs resmi maskapai penerbangan atau travel agent besar lainnya.

Siapin dananya jauh-jauh hari, supaya saat ada promo murah kamu bisa langsung pesan tiket nya.

3. Kunjungi Negara Bebas Visa

Pilih tujuan wisata di negara-negara ASEAN yang bebas visa. Walaupun negara tetangga, pastinya ada berbagai tujuan wisata yang menarik di negara-negara tersebut. Yang pasti nggak kalah indah dengan negara di benua lainnya.

4. Pilih Penginapan Murah

Untuk penginapan juga gak harus selalu yang mahal dan mewah kan? Jadi bisa deh menginap di hotel yang murah meriah namun tetap memiliki standar kualitas yang oke. Yang penting nyaman dan aman. Ada banyak juga loh pilihan hotel yang bisa dipertimbangkan. Carinya lewat internet juga ajaaa..

Yang perlu diingat, sebaiknya jangan memilih hotel yang lokasinya dekat dengan kawasan wisata ya, karena biasanya harganya lebih mahal. Pilih hotel yang lokasinya sedikit jauh dari keramaian dan juga lokasi wisata, tapi masih dekat dengan fasilitas angkutan publik, jadi kamu lebih mudah untuk bepergian dan menemukan berbagai kebutuhan selama di sana.

5. Gunakan Transportasi Publik

Tips Bepergian ke Luar Negeri Dina SuryantiSelama berada di luar negeri, selalu gunakan alat transportasi publik, seperti: kereta, bus, dan yang lainnya. Berbagai mode transportasi ini biasanya jauh lebih murah daripada menggunakan taksi, sehingga kamu bisa menghemat pengeluaran ketika berjalan-jalan di sana.

Usahakan untuk mencari tahu jadwal operasi mode transportasi publik di kawasan yang kamu kunjungi ya, jadi kamu bisa berangkat dan balik lagi ke penginapan dengan aman dan biaya yang murah.

6. Makan dan Belanja Hemat

Selama berada di luar negeri, jangan makan di kafe / restoran yang banyak dikunjungi pendatang seperti kamu (turis), sebab biasanya makan ditempat-tempat seperti itu cukup mahal.

Makan di warung biasa yang banyak dikunjungi warga lokal bisa jadi pilihan loh.. biasanya, warung / rumah makan yang ramai dikunjungi warga lokal rasanya lebih enak dan harganya cukup bersahabat, termasuk untuk turis.

Nah… selain makanan, belanja untuk oleh-oleh juga harus pintar. Banyak lho tempat beli oleh-oleh yang murah, tinggal pintar-pintar kamu aja untuk cari mari googling sebelum belanja 😀 – Biasanya ada market atau pasar tradisional yang menjual berbagai macam souvenir untuk oleh-oleh. Cermati setiap barang yang dibeli, bisa saja harganya lebih murah di dalam negeri… atau jangan-jangan malah barang tersebut buatan Indonesia 😀

7. Jelajahi Satu Kawasan Saja

Pilih berbagai tujuan wisata yang berada di satu wilayah, misalnya di provinsi yang sama, jadi kamu bisa bepergian dengan mudah dan menghemat biaya transportasi.

Supaya perjalanan tetap lancar dan menyenangkan, sesuaikan budget saat mau jalan-jalan ke luar negeri ya.. Biaya pasti jadi hal utama yang perlu dipertimbangkan. Namun jika dipersiapkan dengan matang sejak awal, pastinya biaya dapat ditekan dan dihemat dengan efisien.

Susun rencana perjalanan kamu sejak jauh-jauh hari, sehingga leluasa untuk memilih jadwal serta berbagai hal lainnya yang dibutuhkan.

Happy traveling guys!!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *