Tips Perawatan Payudara

Payudara, tidak dapat disangkal merupakan salah satu daya tarik wanita. Diakui atau tidak, tidak ada seorang wanitapun yang menginginkan payudara yang tidak menarik. Bentuk dan ukuran payudara seorang wanita memang sangat tergantung dari ras dan keturunan/genetis, tetapi hal tersebut baru 50% dari memiliki payudara yang indah, 50% sisanya adalah perawatan agar memiliki payudara yang sehat dan menarik. Untuk mendapatkannya ada dua macam perawatan yaitu dari dalam tubuh dan luar tubuh. Berikut adalah tips untuk merawat dan memiliki payudara yang sehat dan menarik:

Perawatan dari dalam tubuh

  • Jaga berat badan. Jaga kestabilan tubuh, karena berat badan yang naik drastis atau turun drastis, biasanya bagian tubuh yang terkena dampak yang pertama pada wanita adalah payudaranya.
  • Perhatikan pola makan. Pola makan yang kurang sayur dan dimasak terlalu matang akan mengakibatkan tubuh dan payudara yang tidak sehat. Hindari kafein yang berlebih kalau tidak bisa menghentikan sama sekali. Perbanyak konsumsi biji-bijian seperti kacang tanah, kacang merah, juga sayur polong-polongan seperti kapri dan buncis. Jika membutuhkan minyak untuk memasak, gunakan minyak zaitun. Minumlah air putih yang cukup, minimal 2 liter perhari.
  • Rileks, santai dan bersyukur serta beramal. Rasa bahagia, ketenangan dan pikiran yang positif akan berpengaruh pada sistem metabolisme tubuh. Selalulah bersyukur selalu pada apapun yang Tuhan telah berikan.

Perawatan dari luar tubuh

  • Jaga kelembaban kulit. Kulit payudara merupakan daerah dengan kulit yang sensitif dan tipis sehingga rentan terhadap kekeringan dan kerutan dini.
  • Lindungi dari sinar matahari. Hal ini terutama jika berada di pantai atau tempat dengan sinar matahari yang terik. Walau menggunakan baju, sinar matahari terutama sinar ultra violet (UV) dapat menembus pakaian sehingga payudara rentan terhadap kanker kulit dan pemecagan kolagen dan elastin yang menyebabkan payudara kendur.
  • Pembersihan, Terapi pijat dan Pemaskeran. Pembersihan dilakukan dengan handuk halus dan lembab, bersihkan seluruh permukaan dengan cara melingkar. Pemijatan bertujuan untuk menjaga kekenyalan payudara dan meningkatkan sirkulasi darah dan otot sehingga menjadi lebih kencang. Pemijatan dilakukan dengan cara arah melingkar ke luar lalu dari arah bawah ke atas dengan minyak alami seperti zaitun. Pemaskeran dilakukan untuk menjaga kehalusan payudara.
  • Lakukan olahraga. Terutama olahraga yang mentarget otot dada yang akan mendorong lapisan lemak payudara sehingga tampak lebih membusung.
  • Memilih bra yang tepat. Gunakan ukuran yang sesuai. Jangan segan-segan meminta saran ahli di toko pakaian dalam. Selain itu, gunakan bra sport apabila sedang melakukan olah raga.

Dan penting juga untuk melakukan cek rutin ke dokter setelah usia 20, minimal satu kali dalam satu tahun. Sesuatu yang tidak biasa, seperti benjolan harus segera dilaporkan ke dokter.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *